web widgets

Minggu, 17 November 2013

PERANGKAT KERAS AKSES INTERNET


1. Modem

  Modem merupakan perangkat untuk memodulasi data dari listrik ke dalam gelombang elektromagnetik sehingga dapat dikirim melalui udara. Merek modem yang dapat digunakan, antara lain Robotik, rockwell, atau Prolink.
   Modem terdiri atas 2 macam, yaitu eksternal dan internal. modem eksternal berada di luar Central pocessing unit (CPU) sehingga mudah untuk dibawa dan dipindahkan. Modem Internal adalah modem yang berada di dalam CPU, bentuknya seperti kartu yang ditancapkan pada slot AGP atau slot PCI.



     




     Saat ini terdapat modem on board sehingga tidak dapat diganti atau dicabut. Pemilihan modem harus didasarkan pada beberapa pertimbangan, seperti:
  • kecepatan transmisi, sekurang-kurangnya dapat melayani volume data yang dikirimkan dan kecepatan yang memadai.
  • turn arround time, proses dua arah dan pengubahan data dalam pengiriman dan pengambilan data dari internet.
  • error susceptibility,daya tahan terhadap error, hang, dan  kesalahan yang menimbulkan masalah dalam pengiriman dan pengambilan data dari internet
  • biaya, dana yang tersedia untuk pembelian alat tersebut. 
     Lalu komputer dapat melakukan hubungan dengan ISP atau dengan client tempat yang lain yang juga menggunakan ISP.





    Jaringan telepon di rumah nantinya akan disambungkan melalui modem, baik modem eksternal ataupun modem internal. Jika komputer dalam bentuk jaringan maka diperlukan beberapa tambahan alat yang dipeerlukan seperti kabelUTP, Rj 45, Wireless, ethernet card, dan hub.



2. Hub atau Switching

   Hub berfungsi untuk menghubungkan dua komputer atau lebih. hub hanya menghubungkan satu komputer dengan komputr lain.
   Walaupun hub berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan komputer tetapi tidakseperti modem yang mampu menerjemahkan data analog ke data digital atau sebaliknya.
Kecepatan transmisi data atau support data saat ini mencapai 100 megabit/detik. 





3. Repeater

    Repeater berfungsi untuk menjaga agar proses support berjalan stabil dan tidak mengalami degradasi dalam jarak tertentu. Repeater seperti travo step up pada proses pengiriman arus listrik di jaringan PLN.






4. Bridge

    Bridge berfungsi untuk mengirimkan paket-paket data. bridge mampu membagi-bagi traffic ke segmen-segmen dengan sistem filtering traffic.





5. Router

    Router berfungsi menghubungkan user-user LAN dengan koneksi internet untuk memilih rute yang terbaik dalam jaringan. Router jauh lebih mahal dibandingkan Bridge.
     Setelah semua hardware tercukupi, selanjutnya adalah operasional internet. Yang diperlukan adalah Windows 95, Windows 98, Windows 2000, sampai windows XP. Lalu browser seperti: IE, Mozilla, Opera, dan Firefox.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar